Dua Metode Translasi Mata Uang Asing

Kamis, 01 Mei 2014

Translasi mata uang asing dapat dilakukan dengan 2 metode, yaitu :
  1. Metode kurs tunggal, Penerapan satu kurs nilai tukar, yaitu kurs kini atau kurs penutupan untuk seluruh aktiva dan kewajiban lancar.
  2. Metode kurs berganda, Menggabungkan kurs nilai tukar historis dan kurs nilai tukar kini dalam proses transaksi. Ada 3 metode, yaitu: Metode kini-nonkini, Metode Moneter-nonmoneter, dan Metode Temporal.
Dalam Laporan keuangan konsolidasi mata uang primer yang digunakan setiap entitas disebut mata uang fungsional (functional currency). Jadi mata uang fungsional setiap entitas merupakan mata uang lingkungan ekonomi utama di mana perusahaan beroperasi. Penentuan mata uang fungsional menentukan pula pilihan metode translasi untuk konsolidasi dan perlakuan keuntungan/kerugin kurs.
Pilihan metode translasi:
1.      Translasi apabila mata uang lokal merupakan mata uang fungsional
2.      Translasi apabila dolar as merupakan mata uang fungsional
3.      Translasi apabila mata asing merupakan mata uang fungsional
Cara menentukan kurs pembayaran
Jika mata uang pelaporan akun Anda berbeda dengan mata uang yang digunakan untuk pembayaran Anda, penghasilan Adsense Anda akan dikonversi. Kami mengkonversi penghasilan dari mata uang pelaporan ke mata uang pembayaran Anda menggunakan kurs pasar yang berlaku pada hari ketika pembayaran diproses.
Setiap bulan, kami menggunakan Bloomberg untuk menentukan kurs antara mata uang pelaporan dan mata uang pembayaran. Bloomberg adalah sumber kurs antar bank yang telah diakui oleh dunia bisnis dan kurs tersebut ditetapkan dua hari kerja sebelum hari kerja terakhir untuk bulan yang berjalan pada pukul 16.00 waktu London.
Misalnya, jika Anda mendapatkan penghasilan selama beberapa bulan dan kemudian melampaui ambang pembayaran untuk bulan Agustus 2011, maka pembayaran untuk bulan September akan menggunakan kurs yang tertera di Bloomberg pada pukul 16.00 waktu London, tanggal 29 Agustus 2011.
Untuk cek, tanggal pemrosesan mungkin beberapa hari sebelum tanggal cek, sehingga tanggal yang Anda lihat di akun mungkin tidak mencerminkan hari ketika mata uang dikonversi. Karena persyaratan bank lokal, tanggal pemrosesan untuk pembayaran EFT mungkin mencapai 10 hari sebelum dana muncul di akun Anda.

0 komentar:

Posting Komentar